BLANTERORBITv102

    Cara Setor Tunai Teller BCA Pakai eBranch Tanpa Instal Aplikasi

    Selasa, 24 Januari 2023

    BICARACARA─Bank Central Asia (BCA) seakan tak pernah berhenti berinovasi. Salah satunya adalah meluncurkan aplikasi eBranch yang dirancang untuk memudahkan para pelanggan dalam bertransaksi. Kali ini kita fokuskan membahas cara setor tunai teller BCA pakai eBranch tanpa instal aplikasi.

    Bicara cara setor tunai ke rekening BCA melalui teller, maka kita akan bicara bagaimana menggunakan eBranch. Terobosan BCA ini salah satunya bertujuan untuk mengganti formulir setoran yang dulu pakai kertas slip manual kini cukup mengisi form secara online. Dan inilah caranya.

    Apa Itu eBranch BCA?

    Merujuk situs resmi BCA, eBranch BCA adalah aplikasi yang dapat digunakan oleh pengguna untuk melakukan pengisian Online Form dan/atau Reservasi (Khusus eBranch Apps) sebelum bertransaksi di kantor cabang. Basisnya memang aplikasi yang bisa diunduh di PlayStore untuk pengguna perangkat Android.

    Aplikasi e-Branch BCA memiliki banyak fitur untuk memudahkan nasabah BCA dalam melakukan reservasi dan pengisian formulir secara online. Ini sangat membantu sehingga bisa mempersiapkan form secara daring tanpa perlu menulis manual di kertas slip dan membantu petugas BCA lebih cepat melakukan pelayanan.

    Apakah eBranch Hanya Bisa Diakses Nasabah BCA Saja?

    Kembali fokus pada satu pembahasan ya, yaitu bagaimana cara setor tunai melalui teller BCA memakai eBranch. Soalnya kalau ke kantor cabang pun tidak lagi tersedia slip setoran manual. Tetap saja akan diarahkan menggunakan formulir online dari eBranch.

    Apa harus punya rekening BCA untuk mengakses eBranch? Tenang saja, tak hanya nasabah BCA yang bisa menggunakannya, yang belum menjadi nasabah pun bisa menggunakannya untuk setor tunai melalui teller misalnya hendak transfer uang ke rekening BCA milik saudara, teman, atau rekanan bisnis.

    Kalau sekadar untuk kebutuhan setoran melalui teller, kita tak perlu menginstal aplikasi eBranch. Kita bisa mengaksesnya melalui browser bawaan smartphone atau melalui Chrome. Tetap direkomendasikan mengunduh aplikasinya agar bisa menggunakan banyak fitur yang tersedia. Namun, sekali lagi kita hanya mengulas setor tunai tanpa aplikasi.

    Cara Setor Tunai Teller BCA Pakai eBranch Tanpa Instal Aplikasi 

    Cara menggunakan eBranch untuk keperluan setor tunai atau transfer ke rekening BCA melalui teller sangatlah mudah. Kita bisa mengakses ke situs eBranch dan mengisi formulir online sesuai kebutuhan. Berikut ini tata cara selengkapnya.

    Beranda eBranch BCA
    Tampilan beranda eBranch BCA

    1. Ketik kata kunci “e branch bca” di Google atau langsung menuju alamat web eBranch BCA.
    2. Pilih menu Setoran Tunai untuk menampilkan formulir online.
    3. Isi Data Penerima yang berupa Nama Penerima, Nomor Rekening, Jumlah, Berita. Kolom Berita diisi keterangan penyetoran untuk apa, bisa dikosongkan jika tidak perlu.
    4. Isi Data Penyetor yang berupa Nama Penyetor, Jenis ID (jika punya rekening BCA, pilih Nomor Rekening BCA, jika tidak punya bisa pakai KTP atau Paspor atau Izin Usaha), Nomor ID/Nomor Izin Usaha/Nomor Rekening BCA, Alamat Penyetor, dan Nomor Handphone Penyetor.
    5. Khusus setoran sejumlah atau di atas Rp100.000.000,00 (seratus juta rupiah), akan muncul kolom berisi Tipe Nasabah (Individu atau Badan), Sumber Dana (Hasil Usaha, Hasil Investasi, Pinjaman, Penjualan Aset, atau Setoran Modal), dan Tujuan Transaksi (Tabungan atau Penempatan Dana, Transaksi Usaha atau Bisnis, Investasi, Pembelian Barang atau Jasa, atau Sumbangan atau Donasi).
    6. Klik Selanjutnya, maka akan tampil data yang kita isikan di atas, untuk dicek lagi apakah sudah benar. Jika ada yang perlu diedit klik saja Ubah. Kalau sudah yakin benar, centang pada Saya menyetujui ketentuan penggunaan aplikasi eBranch ini. Lalu klik Proses.
    7. Kita akan mendapatkan nomor referensi. Screenshot saja nomor tersebut. Nomor inilah yang kita tunjukkan pada teller di kantor cabang BCA yang kita kunjungi.

    Contoh pengisian formulir online
    Contoh pengisian formulir online eBranch BCA
    Nomor referensi
    Setelah selesai mengisi formulir klik Lewati dan nomor referensi muncul

    Mudah sekali, bukan? Iya, memang eBranch BCA tujuannya memberikan kemudahan kepada nasabah maupun masyarakat umum yang hendak bertransaksi melalui teller BCA.

    Demikian ulasan ringkas tentang cara setor tunai teller BCA pakai eBranch tanpa instal aplikasi bahkan tanpa perlu memiliki rekening BCA. Semoga bermanfaat.


    Author

    Wakhid Syamsudin

    Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)