BLANTERORBITv102

    Cara Mudah Merambah Bisnis Online di Marketplace

    Kamis, 16 Juni 2022

    BICARACARA−Cara Mudah Merambah Bisnis Online di Marketplace. Zaman sekarang ini berjualan offline saja kadang terasa kurang lengkap. Bahkan cenderung banyak yang merasakan bahwa omzet semakin menurun. Banyak toko mapan yang merasakan betapa berat imbas adanya bisnis online seiring berkembangnya dunia digital. Sudah waktunya belajar cara mudah merambah bisnis online agar tak tergerus zaman.

    Cara Mudah Merambah Bisnis Online di Marketplace

    Bicara cara mudah merambah bisnis online, maka kita bicara tentang pemanfaatan teknologi kekinian. Semua orang memiliki smartphone dengan koneksi internet yang membuatnya terhubung ke jagat maya tanpa sekat. Di situlah peluang menarik minat orang-orang agar berbelanja harus kita ambil. Dagang apa saja, dari kuliner hingga fashion.

    Bicara cara mudah merambah bisnis online, maka yang terbersit pertama kali adalah ikut bergabung menjadi seller di marketplace. Marketplace adalah pasar di dunia digital. Di sana semua penggunanya adalah pembeli. Setiap orang yang menginstal aplikasi marketplace adalah para calon pembeli.

    Merambah bisnis online, maka mulailah dengan berjualan di marketplace. Banyak pilihan tersedia, sebutlah Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan sebagainya. Kita bisa memulai dengan memilih satu bahkan semua pasar online itu. Buat nama brand toko serupa untuk semua marketplace yang kita gunakan jualan.

    Orang cenderung senang berbelanja di marketplace karena merasa aman. Marketplace menggunakan fitur rekening bersama. Artinya, pembeli membayarkan dana ke rekening marketplace, penjual baru bisa mencairkannya saat barang sudah sampai dan tak ada komplain atas pembelian tersebut. Jadi, potensi penipuan di marketplace cukup bisa diminilalisir bahkan tak ada ruang untuk penipu.

    Berjualan di marketplace kita tak perlu membayar lapak. Kita bisa menitipkan barang dagangan sebanyak-banyaknya. Tinggal mengunggahnya untuk bisa dilihat calon pembeli. Spesifikasi dari barang jualan bisa kita tulis sedetail mungkin sehingga pembeli bisa mudah mengenali apa yang kita jual. Tiap produk pun bisa diunggah beberapa foto.

    Sementara pihak marketplace sendiri pun punya banyak program untuk menarik pengguna agar berbelanja. Dari promo gratis ongkos kirim atau sekadar potongan ongkos kirim, kemudian voucher belanja yang bisa dipakai untuk mendapatkan diskon dari barang yang diincar. Semua memanjakan calon pembeli. Dan kita bisa ikut merasakan keuntungan dari program-program tersebut.

    Selain itu juga promo berupa cashback yang bisa dipakai untuk pembelian berikutnya. Bahkan poin cashback bisa ditarik ke rekening pembeli. Intinya, dengan ikut bergabung menjadi seller di marketplace maka kita akan turut menikmati layanan yang menguntungkan tersebut sehingga potensi penjualan makin besar.

    Kita bisa memanfaatkan fitur insight di marketplace sehingga dapat memantau seberapa orang yang mengunjung toko kita, berapa jumlah orang yang merespon, jumlah orang yang melakukan komunikasi dan jumlah orang yang membeli produk kita. Di sanalah kita memantau dan menganalisa usaha kita di marketplace.

    Tentu saja selain banyak kemudahan dan kelebihan berjualan di marketplace, ada hal-hal yang menjadi kelemahan dari pasar digital tersebut. Yang kita wajib memahaminya agar bisa menyesuaikan untuk kemudian menjadikan kelemahan marketplace tersebut menjadi potensi omzet untuk toko kita.

    Pahamilah bahwa marketplace adalah pasar di mana jumlah pedagangnya pasti sangat banyak. Pencarian satu kata kunci saja bisa menampilkan hasil pencarian yang jumlahnya sampai ratusan. Ini menunjukkan bahwa persaingan di marketplace benar-benar ketat. Kita harus bisa bermain dengan harga dan keunggulan produk.

    Pilihan bergabung di marketplace sebagai cara mudah merambah bisnis online akan mengajari kita mengenal dunia digital dalam memasarkan produk. Dalam hal apapun kita memang harus memiliki ketekunan, tak segan untuk selalu belajar dari mana saja. Jangan lupa pula untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan agar mereka puas. Nah, sudah siap memulai bisnis online, kan? Yuk, mulai!


    Author

    Wakhid Syamsudin

    Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.coretanbasayev.com)

    1. jualan di marketplace memang ramai sekali yaa, jadi makin cuan :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya kak. Makin luas pasar makin banyak peluangnya.

        Hapus