BLANTERORBITv102

    Cara Kirim Paket COD Tanpa Marketplace dengan KiriminAja

    Senin, 24 Januari 2022

    BICARACARA─Cara Kirim Paket COD Tanpa Marketplace dengan KiriminAja. Di zaman serbadigital banyak penjual beralih ke pasar online dalam memasarkan dagangan. Kepercayaan pembeli menjadi sangat penting agar terjadi transaksi berkelanjutan. Agar pembeli semakin yakin, ada baiknya menggunakan layanan kurir COD. Yuk kita bicara cara kirim paket COD tanpa marketplace dengan KiriminAja.

    Kirim Paket COD KiriminAja

    Selama ini sebagian kita menggunakan akun marketplace untuk bisa mengirim barang dengan sistem COD. Tak sedikit yang bikin 2 akun demi mendapatkan fasilitas bayar di tempat yang disediakan oleh marketplace tersebut. Satu akun bertindak sebagai penjual dan satu akun lagi untuk pembeli. Order sendiri pakai akun pembeli yang dibuat tadi, lalu dialamatkan ke pemesan barang yang sesungguhnya, dengan sistem COD. Terbayang kan betapa ribetnya.

    COD Tanpa Marketplace, Bisakah?

    Menjawab kebutuhan para penjual online itu beberapa perusahaan mulai mengambil peluang tersebut. Di antaranya adalah TRIES GROUP yang menawarkan aplikasi bernama KiriminAja. KiriminAja adalah platform yang memberikan kemudahan untuk pengiriman paket dan mempermudah menemukan ekspedisi sesuai kebutuhan.

    Apa saja yang ditawarkan oleh KiriminAja yang mendukung kita dalam berjualan online? Fitur andalannya adalah layanan kirim paket COD tanpa marketplace dengan kebebasan memilih ekspedisi yang diinginkan, termasuk pilihan harga ongkos kirim terbaik yang bisa didapatkan. Serius? Multi ekspedisi? Bisa pilih suka-suka? Iya. KiriminAja memberikan semua itu!

    Keuntungan menggunakan aplikasi KiriminAja di antaranya: Bisa cetak resi otomatis, bisa kirim paket COD atau non-COD, ada fitur pelacakan paket realtime, bisa cek ongkir dulu, bisa memilih ekspedisi suka-suka, dan yang tak kalah penting adalah pencairan COD mudah dan cepat. Mulai penasaran kan? Boleh langsung mengunduhnya di Play Store.

    Kalau belum selesai membaca artikel ini dan berkeinginan mengunduh aplikasi KiriminAja, boleh dong sebagai bentuk dukungan untuk perkembangan blog ini, Anda mendaftar KiriminAja dengan kode afiliasi ORvGmB (huruf semua ya, perhatikan huruf besar dan kecilnya). Kode afiliasi tak merugikan Anda kok, tapi sangat berarti untuk perkembangan blog ini.

    Cara Mudah Daftar dan Verifikasi Akun KiriminAja

    Berikut ini cara mendaftar dan melakukan verifikasi akun KiriminAja untuk mendapatkan semua layanan yang ada pada aplikasi tersebut:

    1. Download dan instal aplikasi KiriminAja di Play Store. Buka aplikasi lalu klik Daftar Sekarang.
    2. Isikan data diri yang diminta, di antaranya: Nama, Nama bisnis, Email, No Whatsapp, Password, dan Kode referal diisi dengan ORvGmB lalu klik Daftar
    3. Setelah berhasil, klik Lengkapi data yuk untuk melengkapi data kita
    4. Kita masuk verifikasi akun dengan mengunggah KTP, menuliskan NIK, Nama lengkap, No Whatsapp, dan Estimasi pengiriman dalam 1 bulan. Kalau pemula, pilih saja Kurang dari 50
    5. Selanjutnya isikan data rekening bank yang didaftarkan. Rekening ini untuk pencairan dana COD, jadi jangan sampai salah memasukkan data, ya. Agar tidak kena biaya administrasi saat penarikan dana COD, gunakan bank BCA, BRI, atau Mandiri. Lalu klik Lanjut
    6. Aplikasi akan mengirimi kode OTP ke nomor Whatsapp yang kita daftarkan, masukkan kode itu untuk verifikasi
    7. Sampai di sini kita sukses mendaftar dan upload data. Tunggu sampai maksimal 2x24 jam untuk admin KiriminAja melakukan proses verifikasi
    8. Setelah verifikasi berhasil, kita bisa melakukan pengiriman COD
    Nah, langkah pertama sudah kita lakukan. Selanjutnya, mari kita bicara cara kirim paket COD tanpa marketplace dengan KiriminAja selengkapnya di bawah ini.

    Cara Kirim Paket COD dengan KiriminAja

    Tiba pada pembahasan utama yang juga menjadi andalan dari KiriminAja, yakni mengirim paket COD dengan mudah bahkan barang yang kita kirim bisa dijemput kurir ekspedisi tanpa kita repot keluar rumah. Selengkapnya berikut ini caranya:

    1. Buka aplikasi KirimiAja, tekan tombol tambah (+) atau tombol Kirimin.
    2. Untuk transaksi pertama kali, tambahkan alamat pengirim. Alamat pengirim akan tersimpan dan bisa dipilih pada transaksi berikutnya.
    3. Tambahkan data penerima paket berupa nama, nomor telepon, dan alamat.
    4. Tuliskan informasi barang yang akan dikirim, berapa berat dan nilai barang serta dimensinya. Barang yang diisikan akan menjadi katalog produk kita yang nantinya bisa kita gunakan untuk data barang pada pengiriman selanjutnya dengan mencentang opsi Tambahkan ke katalog barang.
    5. Pilih Tipe Pengiriman, mau COD atau non-COD
    6. Pilih Opsi Penjemputan, ada 2 opsi yakni Drop Off dan Pickup. Drop Off artinya paket akan kita serahkan ke kantor ekspedisi, sedangkan Pickup untuk paket yang akan diambil oleh kurir ke alamat kita.
    7. Selanjutnya Pilih Ekspedisi, akan muncul pilihan ekspedisi yang tersedia sekaligus estimasi ongkirnya.
    8. Akan tertera nilai dana yang akan ditagihkan ke penerima dan nilai pencairannya serta biaya COD (COD Fee). Gunakan Kustom COD jika menghendaki nilai tagihan COD ke penerima berbeda dengan yang tertera.
    9. Kalau sudah yakin klik Proses Sekarang maka akan muncul pemberitahuan kita berhasil membuat paket.
    10. Buat Jadwal untuk pengantaran atau penjemputan barangnya. Klik Proses Sekarang.
    11. Untuk mencetak resi yang akan ditempel pada paket, bisa masuk ke menu Paket. Cek pada menu Belum dipickup. Jika tidak memiliki printer, bisa ditulis tangan data pengirim dan penerima serta kode booking paket sesuai yang tertera pada resi paket.
    12. Tinggal menunggu kurir mengambil paket ke alamat kita untuk dikirim ke penerima. Untuk paket COD tak ada yang perlu dibayar di muka. Tinggal menunggu pembayaran dari penerima.

    Berikut beberapa tangkapan layar dari aplikasi KiriminAja:

    Data pengirim dan penerima paket.
    Data pengirim dan penerima paket.
    Pilihan COD atau Non-COD
    Pilihan COD atau Non-COD
    Pilihan ekspedisi dan tarif.
    Pilihan ekspedisi dan tarif.
    Nilai COD bisa di-kustom.
    Nilai COD bisa di-kustom.
    Jadwal pickup paket.
    Jadwal pickup paket.
    Resi paket COD
    Contoh resi KiriminAja

    Sangat mudah, bukan? Selanjutnya kita bisa memantau perjalanan paket pada menu Paket lalu pilih Lacak Paket. Setelah paket terkirim dan penerima membayar dana COD, maka kita bisa mencairkan dana tersebut ke rekening kita. Untuk pencairan minimal Rp50.000.

    Lacak Paket KiriminAja
    Lacak Paket KiriminAja

    Demikianlah cara kirim paket COD tanpa marketplace dengan KiriminAja. Dengan layanan COD maka makin mudah kita berjualan ke pembeli. Kepercayaan akan tumbuh meski baru orderan pertama. Nah, bagaimana? Tertarik menggunakan KiriminAja? Atau mungkin Anda sudah menggunakannya? Boleh saling share pengalaman via komentar. Ditunggu, ya!


    Author

    Wakhid Syamsudin

    Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)