BLANTERORBITv102

    Cara Mudah Bayar Tagihan Listrik di Produk Virtual Klik Indomaret

    Minggu, 13 November 2022

    BICARACARA─Pernah nggak sih telat bayar listrik gara-gara loket langganan tutup? Atau mungkin lagi repot dan tak sempat keluar untuk membayarnya? Jangan kejadian lagi deh, mendingan pakai cara mudah bayar tagihan listrik di produk virtual Klik Indomaret. Bisa bayar pas lagi di rumah, nggak perlu ke mana-mana.

    Bayar listrik adalah bentuk ketaatan pada undang-undang, lho! Untuk diketahui saja nih, mengenai dasar hukum tentang kewajiban membayar listrik ada disebutkan pada pasal 29 ayat 2 UU No. 30 Tahun 2009 bahwa Konsumen wajib: (poin 4) membayar tagihan pemakaian tenaga listrik.

    Cara Mudah Bayar Tagihan Listrik

    Bicara cara mudah bayar tagihan listrik di produk virtual Klik Indomaret, adalah bicara bagaimana agar bisa tertib membayar kewajiban sebagai wujud ketaatan pada pemerintah. Klik Indomaret adalah solusi agar pajak bisa kita bayar kapan saja di mana saja.

    Bayar Tagihan Listrik Sebelum Tanggal 20 Setiap Bulan

    PLN mengimbau kepada pelanggan agar membayar listrik sebelum jatuh tempo tanggal 20 tiap bulannya. Akan ada sanksi kalau sampai tidak menaati aturan itu. Berikut ini sanksi bagi pelanggan yang tidak taat pada imbauan PLN:

    • Tunggakan 1 bulan, yakni jika belum bayar listrik lewat tanggal 20, maka akan ada sanksi pemutusan sementara dengan segel MCB.
    • Tunggakan 2 bulan, yakni bulan kemarin belum bayar dan sudah ganti bulan meski baru tanggal 1, maka dikenakan sanksi pemutusan sementara dengan pembongkaran APP (Kwh Meter dan MCB), pemutusan sambungan dari tiang, dan keharusan migrasi ke listrik prabayar (sistem token).
    • Tunggakan 3 bulan, maka akan dikenakan pembongkaran rampung APP dan kabel SR serta dihentikan berlangganan listrik di PLN dan harus membayar biaya BP.

    Wah, kejam ya, PLN main bongkar begitu! Memang ini aturan baru, masih ingat kan, aturan lama lebih longgar. Dulu, surat peringatan baru diberikan saat telat bayar 3 bulan. Eh, sekarang tanggal 21 belum bayar maka akan dapat surat cinta itu dari PLN. Surat peringatan adalah surat cinta, tak cinta maka tak akan ingat. Karena cinta maka diingatkan. Kan begitu.

    Yuk Mulai, Unduh Aplikasi Klik Indomaret Biar Gampang Bayar Listrik

    Saatnya beraksi. Sekali lagi, salah satu upaya agar bisa bayar listrik dengan praktis adalah menggunakan aplikasi Klik Indomaret. Klik Indomaret adalah toko online Indomaret atau tempat belanja online Indomaret; salah satu inovasi dari Indomaret berupa one stop online store yang menyediakan berbagai macam produk dalam satu situs atau aplikasi untuk memenuhi semua kebutuhan konsumen.

    Tahu, kan, Indomaret? Mengintip Wikipedia, PT Indomarco Prismatama, beroperasi sebagai Indomaret, adalah jaringan pengecer waralaba di Indonesia. Indomaret merupakan salah satu anak perusahaan Salim Group. Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan sehari-hari dengan luas area penjualan kurang dari 200 m2. Kalau penasaran bisa kunjungi blogklikindomaret.com juga kok!

    Klik Indomaret sudah tersedia di PlayStore. Kalau enggak percaya, coba buka pakai perangkat Android kalian. Ketik di pencarian PlayStore dengan kata kunci "klik indomaret", maka akan terbukti bahwa aplikasi besutan Indomaret itu sudah tersedia dan bisa diunduh. Segera instal dan dapatkan banyak promo di sana.

    Klik Indomaret

    Setelah selesai menginstal Klik Indomaret, silakan dibuka aplikasinya. Kita akan disambut permintaan izin akses lokasi perangkat. Silakan pilih Izinkan Hanya Saat Aplikasi Digunakan. Pilihan lain adalah Tolak, yang artinya kalian nggak serius mau jajal aplikasi ini.

    Klik Indomaret

    Cara Daftar Buat Akun di Klik Indomaret

    Agar bisa menggunakan layanan Klik Indomaret, tentu saja kita harus memiliki akun untuk mengaksesnya. Berikut ini adalah cara mendaftar dan membuat akun baru di Klik Indomaret, ikuti langkah mudahnya.

    1. Begitu aplikasi sudah terbuka, maka kita diberi pilihan Masuk/Daftar klik saja dulu.

    2. Untuk membuat akun baru lihat ke bawah, ada tulisan Belum punya akun? Klik pada Daftar disini.

    Cara daftar Klik Indomaret

    3. Gunakan nomor ponsel untuk mendaftar. Biar mempermudah, pastikan itu nomor juga sebagai nomor WhatsApp kita. Setelah menuliskan nomornya, klik Verifikasi Sekarang.

    4. Klik Indomaret memberikan pilihan metode verifikasi, via Missed Call atau via WhatsApp. Pilih yang via WhatsApp saja, ya.

    Cara daftar Klik Indomaret

    5. Kita akan dialihkan ke aplikasi WhatsApp untuk proses verifikasi.

    6. Di aplikasi WhatsApp kita akan disuguhi chat dengan Klik Indomaret, dan sudah ada draft tulisan berisi kode verifikasi. Tanpa mengubahnya, kita tekan tombol kirim pesan.

    Klik Indomaret

    7. Ada balasan yang menyatakan verifikasi berhasil dan sebuah link yang harus kita klik sebelum 2 menit.

    8. Begitu klik link-nya maka kita diarahkan kembali ke aplikasi Klik Indomaret, dan nomor kita sudah terverifikasi. Lanjutkan mengisi kolom nama, jenis kelamin, email (tidak wajib), tanggal lahir, kode referensi (tidak wajib), dan kata sandi.

    Verifikasi WA

    9. Sampai di sini kita berhasil membuat akun Klik Indomaret. Gampang sekali, bukan? Selanjutnya klik Mulai Belanja.

    10. Kita diharuskan memilih metode transaksi, mau Kirim ke Alamat atau Ambil di Toko. Kita klik yang Kirim ke Alamat saja, ya. Tambah alamat baru.

    Klik Indomaret

    11. Kita bisa menggunakan lokasi sekarang yang akan dilacak dengan map.

    12. Masukkan alamat beri label rumah atau kantor. Isi kolom nama lengkap dan klik Simpan Alamat.

    Klik Indomaret

    13. Kebetulan lokasi saat menjajal aplikasi ini di luar jangkauan Indomaret. Solusinya harus punya alamat yang agak kota, misal alamat sekolahan atau alamat kantor atau pinjam alamat teman juga bisa.

    14. Opsi metode transaksi yang satunya adalah Ambil di Toko. Berhubung tempat menjajal aplikasi ini di kampung yang tak ada toko Indomaret maka muncul tulisan permintaan maaf tidak bisa melayani pesanan online.

    Klik Indomaret

    Itulah cara mendaftar akun baru di aplikasi Klik Indomaret. Mudah dan bisa langsung dipraktikkan. Kalau berkenan, pada langkah ke-8 bisa mengisi kolom Kode Referensi dengan kode WAKHXMPC sebagai bentuk dukungan pada blog Bicara Cara ini. Kalau nggak bersedia ya nggak apa-apa. Bebas.

    Cara Mudah Bayar Tagihan Listrik di Produk Virtual Klik Indomaret

    Nah, kita masuk ke pembahasan inti. Yakni cara mudah bayar tagihan listrik di Produk Virtual Klik Indomaret. Pada halaman beranda aplikasi, silakan klik Produk Virtual.

    Klik Indomaret Produk Virtual

    Di situ tersaji banyak layanan yang bisa kita gunakan, mulai dari pulsa hingga asuransi. Berhubung ini bicara cara bayar listrik maka abaikan dulu yang lain. Klik produk virtual yang Listrik (PLN).

    Klik Indomaret

    Pilih Tagihan Listrik PLN, lalu masukkan ID Pelanggan dan klik Bayar. Oh ya, perlu diingat, pembayaran tagihan listrik tidak dapat dilakukan pada pukul 23:45 - 00:30 WIB, ya. Ini berlaku untuk pembayaran listrik dari layanan manapun, tak hanya Klik Indomaret, tapi memang kebijakan dari PLN.

    Klik Indomaret Produk Virtual

    Selanjutnya akan muncul Informasi Pelanggan berisi nama, total tagihan berapa bulan, dan total yang harus dibayarkan. Admin bank yang dikenakan adalah Rp2.500. Klik Lanjut ke Pembayaran.

    Klik Indomaret Produk Virtual

    Banyak pilihan pembayaran bisa kita gunakan. Bisa melalui dompet digital atau pakai transfer bank. Percobaan kali ini kita pakai pilihan pembayaran menggunakan BCA Virtual Account.

    Klik Indomaret Produk Virtual

    Dengan memilih pembayaran BCA Virtual Account kita akan mendapatkan 16 digit nomor VA dengan format 20555 + nomor HP yang terdaftar di Klik Indomaret. Klik Bayar Sekarang.

    Klik Indomaret Produk Virtual

    Pada halaman Konfirmasi Pembayaran ada kode VA yang tersedia dan bisa disalin untuk memudahkan melakukan pembayaran. Ingat, ada batas waktu membayar VA tersebut ya. Jangan melewatinya.

    Klik Indomaret Produk Virtual

    Pada percobaan ini kita menggunakan BCA Keyboard untuk membayar VA. Pembayaran sukses sesuai nominal yang sudah tercantum.

    Klik Indomaret Produk Virtual

    Cek status pembayaran tagihan listrik di menu Daftar Transaksi yang ada di titik 3 pojok kanan atas aplikasi Klik Indomaret. Hasilnya, pembayaran sukses dan ada tampilan struk pembayarannya di situ.

    Klik Indomaret Produk Virtual

    Sudah selesai. Mudah sekali, bukan? Makanya segera unduh aplikasi Klik Indomaret agar bisa bayar listrik langsung meski sedang di rumah. Selain pajak listrik, kita juga bisa bayar tagihan lain di Produk Virtual Klik Indomaret.

    Kita juga bisa belanja berbagai produk kebutuhan rumah tangga atau sehari-hari melalui Klik Indomaret. Pesanan bisa diambil ke toko dan bisa langsung diantar ke rumah kita. Sungguh sangat memudahkan dan membantu.

    Semoga dengan menyimak Cara Mudah Bayar Tagihan Listrik di Produk Virtual Klik Indomaret menjadikan kita warga negara yang taat pajak dan bersegera melunasinya sebelum terlambat. Yuk, dukung pembangunan Indonesia dengan taat pajak. Semoga bermanfaat!


    Author

    Wakhid Syamsudin

    Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

    1. Mudah banget bertransaksi dengan klik indomaret

      BalasHapus
    2. Klik indomaret emg helpful bgt. Pernah pas malam2 bgt, pampers anak habis. Mana waktu itu cm sama baby berduaan. Untung bgt ada klik indomaret.

      BalasHapus
    3. Wah, klikindomaret membuktikan kalau belanja kebutuhan bisa dimana saja. Bisa dicoba akalu benar² nggak bisa keluar rumah.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya kak. Ayo jajal aplikasinya. Yakin deh sangat membantu.

        Hapus
    4. Menarik nih, secara tagihan PLN saya masih menggunakan box lama yang pasca bayar bisa ke handle juga dengan klik Indomaret yah.

      BalasHapus
    5. Bayar listrik pakai Klik Indomaret itu memang mudah banget. Solusi banget kalau di rumah lagi sibuk dan males keluar rumah

      BalasHapus
    6. Klik Indomaret memudahkan bgt yaa kalau token tiba2 mati. Memudahkan urusan domestik bgt dengan belanja kebutuhan sehari2. Gak perlu keluar rumah apalagi yg punya anak kecil, ribet kalau keluar rumah.

      BalasHapus
    7. Makin gampang ya sekarang dengan adanya aplikasi klik indomart ini. Bisa bayar listrik sambil rebahan Ga pake antri lagi, solusi banget ini buat emak-emak mager kayak aku wkwk

      BalasHapus
    8. Aplikasi Klik Indomaret sangat membantu ya. Mau beli pulsa atau bayar tagihan listrik, cukup melalui hape saja. Praktis jadinya

      BalasHapus
    9. Aplikasi buat bayar tagihan listrik makin banyak ya, apalagi dengan klik Indomaret, bisa buat belanja bulanan juga sekalian bayar tagihan listrik

      BalasHapus