BLANTERORBITv102

    Cara Pasang STB (Set Top Box), TV Analog Menjadi TV Digital

    Jumat, 01 Juli 2022

    BICARACARA─Cara Pasang STB (Set Top Box), TV Analog Menjadi TV Digital. Pemerintah memulai penghentian siaran TV analog secara bertahap. Siaran televisi akan ditransmisikan menjadi siaran TV digital. Agar TV lama kita bisa menerima siaran digital maka perlu alat bernama Set Top Box atau biasa disingkat dengan STB.

    Cara Pasang STB (Set Top Box)

    Bicara cara pasang STB (Set Top Box) agar TV analog bisa menjadi TV digital, maka kita perlu mengenal dulu tentang alat tersebut. Dengan mengenal dan mengetahui fungsinya maka akan terbayang seperti apa cara kerjanya.

    STB adalah alat untuk mengonversikan sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog biasa. STB sudah mendukung digital video broadcasting-second generation terrestrial (DVB-T2) yang menjadi standar TV digital di Indonesia.

    Apa Sih Bedanya TV Analog dengan TV Digital?

    Perbedaan keduanya adalah, TV analog sebenarnya dirancang untuk suara yang sinyalnya dipancarkan berupa sinyal analog yang ditangkap antena. Sementara TV digital dirancang untuk suara dan data, yang dipancarkan berupa sinyal sistem digital.

    Kualitas gambar dan suara pada siaran TV analog hanya jernih jika dekat dengan pemancar. Sementara TV digital tetap bersih dan jernih meski tidak dekat dengan pemancar.

    Siaran TV analog menggunakan pancaran dengan memodulasikan langsung pada pembawa frekuensi, sedangkan pada siaran digital, data dikodekan dulu dalam bentuk digital sebelum kemudian dipancarkan.

    Pada siaran TV analog, gambarnya terdapat banyak noise. Beda jauh dengan siaran TV digital yang tayangannya bersih dan bersuara jernih. Padahal biaya penyiaran TV digital lebih rendah kalau dibanding biaya penyiaran TV analog.

    Cara Pasang STB agar TV Analog Menjadi TV Digital

    Nah, sekarang kita akan mencoba memasang Set Top Box pada TV analog. Perangkat STB ini bisa kita beli di toko elektronik terdekat karena memang sudah banyak dijumpai di pasaran.

    Pada percobaan kali ini, kita menggunakan STB yang dibeli melalui marketplace. Banyak merk tersedia dengan berbagai varian harganya. Untuk praktik ini menggunakan STB dengan merek Luby yang harganya di bawah Rp200 ribu.

    Isi paket pembelian STB
    Isi paket pembelian STB

    Paket pembelian STB ini berisi STB, kabel RCA, remote STB, 2 buah baterai remote, buku panduan, dan kartu garansi. Berikut ini cara memasangnya.

    1. Pindahkan kabel antena dari TV analog ke STB.
    2. Sambungkan TV analog dengan STB menggunakan kabel RCA (merah, kuning, putih) sesuai warnanya.
    3. Nyalakan TV dan STB dengan remote masing-masing.
    4. Gunakan remote TV untuk mengubah mode menjadi AV. Kalau ada lebih dari 1 colokan AV, pastikan mana yang digunakan, AV 1, AV 2, atau AV 3.
    5. Di layar TV akan muncul beranda STB. Pilih menu pencarian saluran.
    6. Pada Petunjuk Pemasangan, pilih Bahasa Indonesian dan Negara Indonesia. FTA pilih Semua. Mode Pencarian DVB-T2. Daya Antena pilih Nyala. Isi Kode Pos sesuai area kita. Baru kemudian klik Pencarian Saluran.
    7. STB akan melakukan Pencarian Otomatis untuk menemukan saluran TV digital yang tersedia. Tunggu sampai proses mencapai 100%.
    8. Pada percobaan kali ini ditemukan 31 saluran TV digital, dan semua tayangannya bersih dengan suara jernih. Tak ada lagi semut atau bintik-bintik di layar.
    9. Selesai, TV sudah berhasil menerima siaran digital.

    Mudah sekali, bukan? Yang penting colokan sudah sesuai semua. Kabel RCA sesuai warna dan kabel antena sudah benar-benar dicolokkan. Pencarian sudah secara otomatis. Untuk foto prosesnya berikut ini.

    Colokkan kabel RCA ke TV
    Colokkan kabel RCA ke TV
    Colokkan kabel RCA ke STB
    Colokkan kabel RCA ke STB
    Pindah mode AV
    Pindah mode AV
    Pencarian saluran
    Pencarian saluran
    Pencarian otomatis
    Pencarian otomatis
    TV digital siap dinikmati
    TV digital siap dinikmati

    Peluang Usaha Nih!

    Iya, ini bisa jadi peluang bisnis buat kita. Berhubung penggunaan STB masih terbatas karena siaran TV analog belum benar-benar dihentikan pemerintah alias masih dalam proses bertahap. Maka wajar banyak orang belum tahu cara pasang STB agar TV analog menjadi TV digital.

    Kita bisa membeli perangkat STB di toko elektronik atau membeli melalui marketplace. Lalu menawarkan pada tetangga atau teman yang belum menikmati TV digital. Kita pasangkan sekalian. Ambil jasa dari kegiatan pemasangan.

    Harga STB dari kisaran Rp150 ribu hingga Rp200 ribu, ada juga yang di atasnya. Misal yang seharga Rp165 ribu, kita jual dengan harga Rp200 ribu, maka akan dapat untung Rp35 ribu. Kalikan berapa orang yang memakai jasa kita.

    Demikian cara pasang Set Top Box (STB) yang membuat TV analog kita menjadi bisa menangkap siaran TV digital. Semoga bermanfaat untuk kita semua.


    Author

    Wakhid Syamsudin

    Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.coretanbasayev.com)