BLANTERORBITv102

    Cara Cepat Tahu Gempa Hari Ini Melalui Info BMKG

    Senin, 17 Januari 2022

    BICARACARA─Cara Cepat Tahu Gempa Hari Ini Melalui Info BMKG. Bencana alam bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Ada cara cepat tahu gempa hari ini dengan menggunakan aplikasi Info BMKG yang bisa kita unduh melalui Play Store. Banyak informasi lain juga yang bisa didapatkan melalui aplikasi resmi milik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ini.

    Cara Cepat Tahu Gempa Hari Ini Melalui Info BMKG

    Seperti baru saja terjadi hari ini dan sudah diinformasikan oleh BMKG, yakni info gempa terkini baru saja terjadi di kedalaman 10 km pada lokasi 84 km Barat Daya Banten Bayah, pada Senin 17 Januari 2022 pukul 07:25:56 WIB dengan kekuatan gempa magnitudo 5.4.. Gempa tersebut dirasakan di beberapa tempat seperti Bayah, Banten, Pandeglang dan Sukabumi.

    Info BMKG Aplikasi Resmi BMKG Anti Hoax

    Aplikasi resmi dari BMKG ini bisa diunduh di Play Store. Ketikkan saja nama aplikasinya di kolom pencarian. Setelah ketemu bisa langsung kita instal. Cara instal sama saja dengan cara menginstal aplikasi lainnya.

    Aplikasi Info BMKG
    Aplikasi Info BMKG di Play Store

    Dengan adanya aplikasi Info BMKG kita bisa mendapat informasi terkait cuaca, iklim, dan gempa bumi secara tepat dan cepat. Kita tak lagi perlu khawatir bila ada hoax yang tersiar di media sosial karena sudah bisa antisipasi dengan info akurat dari BMKG.

    Cara Cepat Tahu Gempa Hari Ini dan Informasi Lainnya

    Bicara cara untuk cepat mengetahui informasi terjadinya gempa maka info terpercaya adalah yang berasal dari BMKG. Melalui aplikasi Info BMKG terdapat fitur yang memiliki fungsi menjelaskan informasi gempa bumi M >5.0 dan diinformasikan sangat cepat, kurang dari 5 menitan.

    Gempa Hari Ini
    Contoh informasi Gempa Bumi

    Selain informasi gempa, apa saja sih fitur yang bisa didapatkan dari aplikasi Info BMKG?

    Di antaranya adalah prakiraan cuaca. Kita bisa mendapat informasi prakiraan cuaca dalam 7 harian di seluruh kecamatan di Indonesia.

    Info BMKG juga menyajikan beberapa informasi iklim di wilayah Indonesia, seperti Hari Tanpa Hujan, Prakiraan Hujan Bulanan, dan Analisis Hujan Bulanan.

    Selain itu ada juga informasi kualitas udara di beberapa kota di Indonesia. Di antaranya Konsentrasi Partikulat Matter (PM10) dan Konsentrasi Partikulat Matter (PM2.5).

    Info BMKG juga menyajikan informasi cuaca maritim (ketinggian gelombang laut) di wilayah perairan Indonesia dan cuaca penerbangan aktual dan 4 jam ke depan untuk bandara di Indonesia.

    Aplikasi Info BMKG
    Fitur di aplikasi Info BMKG

    Pada kondisi tertentu juga menginformasikan cuaca kebakaran hutan dan lahan serta titik panas. Juga cuaca jalur mudik ketika momen mudik sedang berlangsung.

    Info BMKG juga menjadi wadah sarana siaran pers resmi BMKG. Keseluruhan fitur tersedia dalam dua bahasa: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

    Review Aplikasi Info BMKG di Play Store

    Di Play Store, aplikasi besutan BMKG ini mendapat rating rata-rata 4,5. Salah seorang pengguna bernama Rizki Nur Fahmi bahkan mengatakan bahwa yang memberi rating di bawah 4 menurutnya adalah tidak pantas atau tidak etis. "Ini bukan aplikasi komersil, bukan untuk menguntungkan perusahaan/instansi, melainkan memberikan kita informasi yang aktual," katanya. "Kalaupun ternyata informasi telat wajar, berikan saran/kritik (wajar)."

    Pengguna lain yang memberikan bintang 2 mengemukakan alasannya. Pengguna bernama Pak Cin Bang Doll Kempes ini mengaku kesal karena lokasi prakiraan cuaca di daerahnya, Lombok Barat, tak ketemu. "Yang ketemu cuma daerah Jakarta sama Sumatra Bali," katanya.

    Beberapa pengguna juga memberikan masukan untuk perbaikan aplikasi yang sudah dianggap cukup bagus ini. Pengguna atas nama Jeffrey Jung mengucapkan terima kasih kepada BMKG atas aplikasi peringatan bencana serta cuaca ini. Ia menyarankan agar menambahkan fitur alarm otomatis, sehingga setiap kali ada bencana tidak harus menunggu notifikasi di pop up saja.

    Banyak sekali ulasan di Play Store atas aplikasi Info BMKG yang disampaikan para pengguna. Semoga saja pihak BMKG mampu menghadirkan solusi atas keluhan dan komplain yang ada, dan bisa memperbaiki segala kekurangan aplikasi tersebut sehingga kedepan benar-benar menjadi pusat informasi cuaca dan peringatan dini akan bencana yang menjadi rujukan pengguna di seluruh tanah air.

    Demikian artikel singkat tentang cara cepat tahu gempa hari ini melalui Info BMKG. Silakan untuk mengunduh aplikasinya dan manfaatkan semua fitur yang ada. Jangan lupa memberi penilaian serta ulasan yang membangun agar Info BMKG semakin baik ke depannya. Terima kasih.


    Author

    Wakhid Syamsudin

    Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

    1. Sekarang banyak banget aplikasi, saking penuhnya sampai unduh hapus sesuai kepentingan. Kapan-kapan nyobain apk BMKG deh.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Bener banget mbak. Kadang banyak apk terinstal gak pernah dibuka. Hehehe.

        Hapus