BLANTERORBITv102

    Cara Membuat Blog Pakai HP

    Sabtu, 04 September 2021

    BICARACARA─Cara Membuat Blog Pakai HP. Era serba digital dengan kemudahan akses internet seperti sekarang ini membuat siapa saja bisa mencari informasi apapun cukup dengan duduk manis di rumah atau bahkan sambil tiduran. Di antara sumber informasi yang mudah diakses adalah blog.  Tak hanya menjadi pencari informasi, kita pun bisa menjadi penyedia kontennya. Di sini kita bahas cara membuat blog pakai HP atau gawai.

    Cara membuat blog pakai hp
    Cara membuat blog pakai HP.

    Sebelum bicara cara membuat blog, sedikit kita ulik dulu terkait pengertian blog, termasuk kegunaan dan jenisnya.

    Sekilas tentang Blog

    Blog berasal dari kata web log, menurut Wikipedia, adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. 

    Sumber lain, Merriam Webster, menyebut blog adalah website yang mengandung konten personal dalam bentuk artikel, video, foto, dan link ke website lain yang disediakan oleh penulis blog.

    Jadi intinya, blog merupakan jenis website berisi pemikiran, pengalaman, observasi, atau bahkan sekadar curahan hati penulisnya yang disampaikan dalam teks dilengkapi gambar ataupun video pendukung.

    Jenis blog bermacam-macam. Blog untuk tujuan pribadi sebagai jurnal online atau menulis cerita-cerita harian biasa disebut Blog Pribadi. Blog berisi konten yang menunjukkan profesionalitas penulisnya pada suatu bidang tertentu disebut Blog Profesional. Ada juga Blog Bisnis yang dimanfaatkan untuk mendatangkan trafik bagi website perusahaan atau toko online.

    Itulah gambaran tentang blog yang bisa kita pahami. Semua jenis blog itu bisa kita buat menyesuaikan kebutuhan. Banyak platform penyedia layanan blog dari yang gratis sampai berbayar, seperti Blogspot, Wordpress, Medium, Weebly, Tumblr, dan sebagainya.

    Kali ini kita coba buat blog di Blogspot atau Blogger dengan menggunakan gawai. Blogspot sangat terkenal karena menggunakannya cukup mudah dan sederhana. Blogspot dikembangkan oleh Google melalui Pyra Labs sejak 2003.

    Cara Membuat Blog di Blogger Pakai HP

    Berikut ini adalah cara membuat blog pakai HP yang bisa langsung kita praktikkan. Silakan langsung buka aplikasi browser yang tersedia di HP kamu. Pada contoh ini, kita pakai browser Chrome.

    1. Buka alamat www.blogger.com

    Kunjungi web penyedia layanan Blogspot tersebut untuk memulai membuat blog. Tampilannya seperti ini:

    Masuk ke Blogger.com
    Tampilan depan Blogger.com

    Pada tampilan halaman depan Blogger akan kita temui kata sambutan "Publikasikan tulisan Anda, sesuai selera". Juga pernyataan bahwa layanan platform tersebut adalah mudah dan gratis untuk membuat blog yang unik dan menarik. Klik tombol BUAT BLOG untuk memulai.

    2. Gunakan akun Google

    Kita diarahkan masuk dengan menggunakan akun Google yang kita punya. Kalau belum memiliki maka wajib bikin dulu sebelum melanjutkan step ini.

    Masukkan alamat email.
    Masukkan alamat email.

    Silakan masukkan alamat email dan kata sandi kamu. 

    Masukkan sandi.
    Masukkan kata sandi email.

    3. Buat nama blog

    Setelah sukses login menggunakan akun gmail, kita akan diarahkan untuk membuat nama blog sesuka kita, seunik mungkin, dan sesuai kebutuhan. Tulis saja apa yang diinginkan. Jika alamat yang kita mau tidak tersedia, akan tampil seperti ini:

    Alamat tidak tersedia
    Alamat blog tidak tersedia.

    Kita coba dengan nama lain. Jika nama yang kita ajukan tersedia maka akan tampil seperti ini:

    Alamat blog tersedia
    Alamat blog tersedia.

    Lalu ketuk opsi SAVE. Selamat, kamu sudah mendapatkan nama blog di Blogger.

    4. Blog siap digunakan

    Kamu sudah bisa membuka alamat blog yang barusan dibuat. Adapun alamat blog selengkapnya adalah: namablog.blogspot.com. Embel-embel blogspot.com bisa kita ganti dengan domain sendiri jika kelak ingin membelinya.

    Blog kosong
    Tampilan blog belum ada postingan.

    Belum ada apa-apa di blog baru kita. Tugas selanjutnya adalah mengisinya dengan postingan. Tulislah apa saja, asal jangan copy-paste dari postingan orang lain. Jangan sekalipun melakukan plagiasi.

    Demikianlah cara membuat blog pakai HP yang bisa kita jajal. Tak ada profesional yang tak dimulai dari permulaan. Tak perlu takut salah saat mencoba. Kata Conrad Hilton, "Success seems to be connected with action. Successful men keep moving. They make mistakes, but they don't quit." Sukses selalu bersumber dari perbuatan. Orang yang sukses terus berusaha. Mereka mungkin membuat kesalahan, tetapi mereka tidak menyerah.


    Author

    Wakhid Syamsudin

    Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

    1. Sangat megedukasi nih, buat kaum yang pengen buat blog tapi nggak ada latpop
      Semangat!!!

      BalasHapus
    2. Terima kasih step2nya kak. Solusi bikin blog jika tidak ada laptop. 👍

      BalasHapus
    3. Aku juga kepikiran bikin tulisan tutorial ini loh mas 🙈 mantap surantap. Nanti aku ambil referensi dari sini yah 👍

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kadang kalau ada yang nanya, ribet bolak-balik ngasih tahunya. Mungkin dengan tutorial-tutorial sederhana begini bisa menjawabnya.

        Hapus
    4. Waw, mantap Kak ulasannya, saya malah baru tahu kalau bisa buat pakai ponsel aja, tetep semangat berkarya Kak :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ini juga coba-coba bikin pakai hp, sekalian bikin tutorial sederhana.

        Hapus
    5. waaah makasih infonya. dulu temanku yang buatkan blog-ku dilaptop. ternyata bisa juga buat blog di hp.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Saya dibantu sama mas Wakhid dan mas ugi jg buatnya tempo hari kak. Mas Wakhid share link nya. Mas ugi bantu stepnya. Alhamdulillah pakai hp bisa. 🙂

        Hapus
    6. Aku buat blog pertama dan kedua juga pakai HP. Baru blog ke tiga yang pakai laptop karena harus edit html yang kodenya kayak semut baris ratusan ribu.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Urusan edit html emang bagusan pakai laptop atau pc...

        Hapus