BLANTERORBITv102

    Cara Membetulkan Tanggal di Blog

    Minggu, 05 September 2021

    BICARACARA─Cara Membetulkan Tanggal di Blog. Waktu adalah uang, begitu bagi pebisnis. Begitu pentingnya waktu maka banyak sekali kalimat bijak yang menggunakan kata tersebut. Kita harus bisa memanfaatkan waktu yang ada karena ia tak bisa diulang. Eh, tapi untuk postingan di blog kita bisa kok mengatur waktunya, bahkan dimundurkan ke masa lalu, atau memajukan tanggal ke hari depan. Terkait waktu dan tanggal mungkin pernah salah setel di blog, maka kali ini kita bicara cara membetulkan tanggal di blog.

    Cara membetulkan tanggal di blog
    Cara membetulkan tanggal di blog

    Sebenarnya postingan ini ditulis menjawab tanya seorang teman di sebuah komunitas kepenulisan. Lalu terbersit keinginan membuat tutorialnya di sini. Siapa tahu dialami bloger pemula yang lain dan ini bisa membantu.

    Tanggal Postingan Tak Sesuai

    "Kak, mau nanya, saya posting tulisan baru saja, tapi kenapa di blog tertulis tanggal kemarin, ya?" Begitu sebuah pesan Whatsapp masuk. Sebuah kebingungan yang dialami beberapa bloger pemula.

    Saya pribadi pernah merasa heran dengan hal itu karena dulu juga mengalaminya. Kok bisa tanggal postingan yang disetel otomatis sistem tapi yang muncul di blog beda. Apa yang salah?

    Bagi yang menganggap hal penting tepatnya tanggal di blog pasti sangat terganggu. Apalagi di komunitas menulis yang diikuti teman yang bertanya tersebut mewajibkan setor postingan setiap hari. Kan aneh setor tulisan hari ini yang muncul di keterangan waktu blog malah tanggal kemarin.

    Mengenal Zona Waktu Dunia

    Bicara cara membetulkan tanggal di blog yang tak sesuai, maka kita harus tahu tentang zona waktu dunia atau time zone.

    Dunia yang kita tinggali ini, berdasarkan letak kawasannya, dibagi menjadi 24 zona waktu yang berbeda-beda. Waktu universal yang dijadikan pautan adalah waktu GMT, waktu yang mempunyai di Greenwich, Inggris. Zona waktu kebanyakan dipautkan pada GMT ini.

    Di Indonesia tercinta ini kita mengenal pembagian tiga zona waktu. Zona Indonesia bagian barat atau biasa disingkat WIB (+ 07.00 Jakarta), zona waktu Indonesia bagian tengah alias WITA (+ 08.00 Makassar), dan zona waktu Indonesia bagian timur disingkat WIT (+ 09.00 Jayapura).

    Secara default saat membuat blog baru, maka setelan sistem Blogspot adalah (GMT-07:00) Pacific Time - Los Angeles. Yang harus kita sesuaikan di blog agar tampilan tanggalnya tak lagi salah adalah pengaturan zona waktu tersebut.

    Cara Membetulkan Tanggal di Blog

    Saatnya kita beraksi. Berikut ini step by step mengubah setelan waktunya. Sangat mudah untuk langsung dipraktikkan.

    1. Masuk dan login ke www.blogger.com 
    2. Tampilkan menu dashboard Blogger dengan mengetuk tiga garis yang bertempat di kiri atas.
    3. Pilih tab Setting
    4. Scroll ke bawah sampai menemukan Formatting
    5. Sesuaikan zona waktu dengan tempat tinggal kita
    6. Klik SAVE.

    Menampilkan menu dasbor Blogger
    Menampilkan menu dasbor Blogger.
    Memilih tab setelan Blogger
    Memilih tab setelan Blogger.
    Sesuaikan zona waktu
    Sesuaikan zona waktu.
    Contoh memilih WIB.
    Contoh memilih WIB.

    Pada setelan Blogger kita jumpai 3 jenis format. Date header format adalah format tanggal untuk postingan. Biasanya terletak di bawah header blog atau di atas judul postingan.

    Lalu Timestamp format, format waktu ini untuk template bawaan blogger terletak di bawah postingan blog.

    Terakhir, Comment timestamp format, merupakan format waktu yang berada di kolom komentar postingan blog kita. Kita bisa atur tampilannya sesuka hati.

    Sekarang coba lihat blog kita. Pastilah tanggal dan jam postingan sudah sesuai dengan waktu kita memostingnya. Masalah teratasi.

    Baiklah, sudah bisa ya cara membetulkan tanggal di blog? Semoga tutorial sederhana ini bermanfaat. Sampai ketemu lagi pada postingan yang lain.


    Author

    Wakhid Syamsudin

    Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

    1. Terima kasih atas tutorialnya, Kak. Sukses selalu

      BalasHapus
    2. Keren Bang Wahid, mudah dipahami.
      Semoga ilmunya barokah,dan bisa jadi amal jariyah.

      BalasHapus
    3. Terimakasih atas atas ilmunya kak. Sukses selalu kak❤

      BalasHapus
    4. Makasih ilmunya mas Wakhid, membantu sekali infonya, lengkap pula dengan gambar. Transfer terus ilmunya ya mas.🤭. jazakallah khayr.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Alhamdulillah jika ada manfaatnya, Kak Rika. Semangat terus ya ngeblognya.

        Hapus
    5. Eh iya saya kemarin juga pernah mengalami itu. Makasih penjelasannya Kak

      BalasHapus
    6. Makasih tutorialnya! Bermanfaat banget

      BalasHapus
    7. Ini masalah yang saya alami. Mau coba ah. Makasih ya Kak bantuannya

      BalasHapus