BLANTERORBITv102

    Cara Agar Anak Mau Makan Secara Teratur

    Selasa, 07 Maret 2023

    BICARACARA─Manusia perlu makan agar bisa bertahan hidup. Kebutuhan vital ini adalah cara kita mendapatkan energi, juga berguna membantu pertumbuhan badan dan otak. Apalagi anak-anak pada masa pertumbuhan, asupan makanan bergizi dengan jumlah cukup sangatlah diperlukan.

    Cara Agar Anak Mau Makan Secara Teratur

    Yang seringkali menjadi permasalahan adalah keengganan anak-anak untuk makan. Mereka kadang lebih suka jajanan instan yang kurang sehat dan minim kandungan gizi. Orang tua sampai jengkel pada anak yang tak mau makan.

    Inilah 6 Cara Agar Anak Mau Makan Secara Teratur yang Bisa Dicoba

    Bicara cara agar anak mau makan secara teratur, maka kita bisa mencoba kiat yang diberikan oleh seorang psikolog anak, Budhi Lestari, S.Psi., yang mengasuh rubrik Konsultasi Tumbuh Kembang di Majalah Hadila. Apa saja cara yang bisa kita gunakan? Yuk, simak.

    1. Terapkan Agenda Makan Bersama

    Orang tua bisa menerapkan agenda makan bersama di rumah. Untuk sekolah yang ada jatah makan siang, para guru bisa menerapkan agenda makan bersama di sekolah. Ketika anak melihat orang lain makan dengan lahap maka akan memotivasinya untuk ikut menghabiskan jatah makan.

    2. Sajikan Makan Porsi Kecil

    Cara selanjutnya adalah dengan menyajikan makanan dalam porsi kecil. Nah, ketika makanan itu habis, barulah menambahnya sedikit demi sedikit. Cara ini juga untuk menghindari makan tak habis yang membuatnya mubazir.

    3. Hindari Makan Manis Sebelum Makan

    Penting sekali menghindarkan anak mengonsumsi makanan atau minuman manis sebelum makan, termasuk susu. Rasa manis itu akan menimbulkan rasa kenyang sehingga anak tak lagi merasa lapar. Makanan dan minuman manis bisa diberikan setelah makan nasi dengan sayur atau lauk pauk.

    4. Jadikan Saat Makan Menyenangkan

    Bisa jadi anak malas makan karena merasa makan itu tak menyenangkan. Maka langkah berikutnya adalah dengan mengondisikan agar saat makan adalah saat yang menyenangkan. Awali dengan bercengkerama dan menciptakan suasana menyenangkan. Namun, bukan berarti makan sambil bicara dan bercanda, ya.

    5. Buatlah Menu Variatif

    Ini tak kalah penting, membuat menu makan yang berbeda setiap harinya. Beda tak harus berganti bahan makanan jika masih ada stok di kulkas. Misal adanya tempe bisa disajikan dalam variasi yang berbeda, jadi tak harus digoreng melulu. Bisa membuat orek tempe, bacem manis, dan lainnya. Syukur-syukur kalau bisa menyajikan bahan berbeda tiap harinya.

    6. Kreasikan Makanan Kesukaan

    Selanjutnya, ketika anak tidak menyukai jenis makanan tertentu, kita harus bisa kreasikan atau dicampur dalam makanan yang disukainya.

    Nah, demikianlah cara agar anak mau makan dan makan bisa teratur, yang bisa kita coba terapkan setiap hari. Dengan makan teratur, anak akan mudah diarahkan untuk menghindari jajanan yang tak sehat. Jajan boleh, asal jangan membuat anak enggan makan nasi. Semoga bermanfaat!


    Author

    Wakhid Syamsudin

    Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)