BLANTERORBITv102

    Cara Mewujudkan Generasi Sehat dan Produktif dengan 10 Pesan Gizi Seimbang

    Jumat, 17 Februari 2023

    BICARACARA─Bermodal kesehatan akan tumbuh rasa optimis dan memiliki kekuatan untuk melakukan berbagai aktivitas yang mendukung terwujudnya target dan cita-cita kita. Dengan kesehatan, kita dapat terus berkarya, berpikir sehingga menghasilkan gagasan-gagasan baru dan banyak hal positif yang dapat dilakukan.

    10 pesan gizi seimbang

    Bicara cara mewujudkan generasi sehat dan produktif, maka kita bicara bagaimana membekali mereka dengan gizi seimbang. Dengan demikian maka mereka akan siap menghadapi segala tangangan zaman yang semakin berkembang.

    Gizi Seimbang untuk Produktivitas Generasi Masa Depan

    Pengertian dari gizi seimbang adalah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan beberapa prinsip tertentu. Gizi seimbang berpengaruh bagi tingkat kesehatan, intelektualitas, dan produktivitas generasi masa depan.

    Kemajuan zaman menuntut generasi muda bisa produktif di berbagai bidang kehidupan. Hanya manusia yang produktif yang akan bertahan di era globalisasi. Menyiapkan generasi sehat menjadi keharusan dalam kehidupan yang kompetitif dan penuh tantangan itu.

    10 Pesan Gizi Seimbang dari Kementerian Kesehatan

    Pengetahuan mengenai gizi seimbang sangat penting dipahami oleh semua orang yang ingin hidup sehat. Untuk mewujudkan gizi seimbang tersebut, Kementerian Kesehatan merilis pedoman pola hidup sehat dengan gizi seimbang melalui “10 Pesan Gizi Seimbang”. Apakah saja itu? Yuk, kita bicarakan bersama.

    1. Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan
    2. Perbanyak makan sayuran dan cukup buah-buahan
    3. Biasakan mengkonsumsi lauk pauk berprotein tinggi
    4. Biasakan mengkonsumsi aneka ragam makanan pokok
    5. Batasi konsumsi pangan manis, asin, dan berlemak
    6. Biasakan sarapan pagi
    7. Biasakan minum air putih yang cukup dan aman
    8. Biasakan membaca label pada kemasan pangan
    9. Cuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir
    10. Lakukan aktivitas fisik dan pertahankan berat badan normal

    Demikianlah 10 Pesan Gizi Seimbang dari Kementerian Kesehatan. Untuk bisa sehat dengan keseimbangan gizi kita harus membatasi konsumi gula, minyak, dan garam. Jumlah maksimum konsumsi garam adalah sebanyak 1 sendok teh (5gr) per hari. Jumlah maksimum konsumsi gula adalah sebanyak 4 sendok makan (50gr) per hari. Sedangkan maksimum konsumsi gula adalah 5 sendok makan (67gr) per hari.

    Anjuran untuk minum air putih adalah minimal 2 liter (8 gelas) sehari. Biasakan untuk sering mencuci tangan dengan sabun. Lakukan aktivitas gerak badan dengan bermain sepak bola, berjalan, senam, ataupun bersepeda. Bisa juga dengan aktivitas bermanfaat seperti menyapu.

    Semoga dengan mengetahui 10 Pesan Gizi Seimbang dari Kementerian Kesehatan, kita bisa menerapkannya sebagai cara mewujudkan generasi sehat dan produktif. Semoga bermanfaat!


    Author

    Wakhid Syamsudin

    Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)