BLANTERORBITv102

    Cara Blogger Mengoptimalkan SEO untuk Internet Marketing Tepat Sasaran

    Kamis, 29 September 2022

    BICARACARA─Aktivitas ngeblog kini tak lagi sekadar jadi tempat curhat atau buku harian online. Blogging di zaman sekarang bisa bermanfaat untuk menunjang karir, personal branding, mencari uang, bahkan sebagai tempat internet marketing. Mendukung bisnis yang kita kelola dengan memaksimalkan kemampuan sebagai seorang blogger profesional.

    Internet Marketing

    Sebagai blogger kita ditantang agar bisa meningkatkan ketajaman skill menulis. Blogger yang handal berawal dari kebiasaan mengasah kemampuan menulis. Agar bisa menulis dengan baik, cobalah terbiasa membaca artikel berkualitas dari para blogger yang sudah mumpuni. Pelajari bagaimana mereka bisa membuat tulisan yang enak dibaca dan sarat informasi.

    Blogger Harus Bisa Mengoptimalkan SEO

    Bicara cara blogger menjadi Internet Marketing, maka kita akan bicara bagaimana mengoptimalkan SEO. SEO, singkatan dari Search Engine Optimization, adalah sebuah upaya yang dapat dilakukan pemilik bisnis online untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas trafik ke situs web atau blog yang dikelolanya.

    Untuk mendapatkan trafik yang tinggi dan tepat sasaran, maka blogger wajib memahami dan mempelajari cara kerja dari search engine atau mesin pencari, dalam hal ini adalah Google, dalam memberikan peringkat terhadap blog atau website. Penilaian ini pastinya didasarkan para persyaratan kualifikasi tertentu.

    Jadi, blogger wajib mempelajari bagaimana cara optimasi SEO, apa saja indikator utama SEO, serta algoritma Google. Dengan optimasi yang kita lakukan didukung postingan yang memberi informasi relevan, maka akan mudah mendatangkan lebih banyak trafik organik menuju web bisnis kita.

    Pahami Dulu Cara Kerja SEO

    Logikanya begini, ketika seseorang hendak mencari suatu produk melalui internet, maka ia akan mengetik kata kunci terkait produk barang atau jasa yang diinginkan. Google sebagai search engine memulai bekerja dengan crawling konten-konten, kemudian indexing untuk menyimpan konten di database. Selanjutnya ke tahap retrieval yakni mengambil konten yang sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna.

    Crawling sebagai tahap awal dari alur kerja search engine akan mengumpulkan detail informasi yang berasal dari suatu halaman website. Dalam proses ini, pengumpulan banyak informasi dilakukan sekaligus dari banyak halaman untuk mendapatkan informasi yang benar-benar valid. Data yang diambil bisa berupa gambar, judul, kata kunci hingga internal link.

    Proses selanjutnya yang disebut dengan indexing adalah menempatkan data-data yang diperoleh dari proses crawling ke database search engine. Hanya halaman yang sudah terindex yang bisa tampil di search engine. Proses yang berlangsung sangat cepat dalam hitungan detik akan menampilkan halaman yang memberi informasi sesuai permintaan pengakses internet.

    Tingkatkan Trafik dengan SEO untuk Memaksimalkan Internet Marketing

    Setelah paham cara kerja search engine, maka kita bisa mulai melakukan langkah-langkah optimasinya. Jadi blogger harus paham bahwa website tanpa SEO akan sepi pengunjung. Tak mungkin bisa menjual produk tanpa menggunakan SEO. Tak mungkin bisa jadi internet marketing tanpa optimasi SEO.

    Langkah pertama, hubungkan blog atau web kita dengan Google analytics. Dari situ, kita bisa mengukur berapa jumlah pengunjung yang datang, bounce rate setiap halaman, berapa sesion user mengakses website, berapa new user yang singgah di artikel, dan sebagainya. Layanan Google analytics tersedia secara cuma-cuma dan bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

    Selanjutnya, hubungkan website dengan Google Search Console, tool yang sangat berguna bagi pemilik website untuk mengetahui bagaimana performa website, apakah ada error atau apakah ada halaman yang bermasalah dengan Core web vitals atau tidak. Memang harus telaten agar bisa maksimal.

    Kemudian dalam menulis artikel atau promosi, kita wajib menggunakan kata kunci atau keyword yang tepat sasaran. Perlu melakukan riset agar terhindar dari pemilihan kata kunci yang kurang tepat, atau karena kata kunci yang ditarget sedikit pencariannya atau bahkan tidak memiliki volume pencarian sama sekali.

    Yang tak kalah penting, adalah konten yang kita buat haruslah berbobot dan tetap relevan dengan algoritma google. Konten atau artikel yang berkualitas dan paling bermanfaat serta bisa menjawab pertanyaan user maka bisa menduduki peringkat utama Google. Jadi tetap saja konten adalah modal utama agar sukses internet marketing kita.


    Author

    Wakhid Syamsudin

    Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

    1. Mantap mas, kadang sering konten kita ga ke-index google makanya sangat bermanfaat GSC buat blogger

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya betul banget. Jadi tetap butuh belajar utk tahu banyak hal.

        Hapus