BLANTERORBITv102

    Cara IndiHome Memudahkan Bisnis dengan Internetnya Indonesia

    Kamis, 14 Juli 2022

    BICARACARA─Cara IndiHome Memudahkan Bisnis dengan Internetnya Indonesia. Keberadaan jaringan Telkom Indonesia dengan layanan IndiHome di berbagai kota memberikan manfaat yang tak terbatas. Seluruh masyarakat Indonesia memerlukan akses telekomunikasi digital agar terhubung satu sama lain. Di situlah bermacam peluang bisnis bisa muncul sehingga menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat.

    Cara IndiHome Memudahkan Bisnis dengan Internetnya Indonesia

    Telkom tak pernah berhenti berinovasi dengan meningkatkan layanan dan infrastruktur untuk memastikan kenyamanan komunikasi bagi sekitar 3.6 juta pelanggan di berbagai wilayah. Tentunya hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah untuk menghadirkan layanan digital bagi seluruh lapisan masyarakat.

    Bicara cara IndiHome memudahkan bisnis dengan internetnya Indonesia, bolehlah kiranya kita ambil salah satu contoh usaha perdagangan yang didukung koneksi tanpa batas dari Telkom ini. Yakni sebuah brand toko fashion di Sukoharjo, Jawa Tengah, bernama Toko Jakarta Bandung atau biasa dikenal dengan singkatan Toko JB.

    Berkenalan dengan Toko Fashion Jakarta Bandung

    Toko pakaian jadi ini dimiliki oleh pasangan H. Basrah atau H. Abbas dan Hj. Sri Murwani. H. Abbas berdarah Minang sementara Hj. Sri Murwani asli Sukoharjo, Jawa tulen.

    Toko JB
    Toko JB di barat alun-alun Sukoharjo

    Toko dengan brand Jakarta Bandung memiliki 4 cabang. Yakni Toko JB Alun-alun Sukoharjo, Toko JB Gentan, Toko JB Jaten, dan Toko Abbas Pasar Klewer. Sempat ada Toko JB Jombor, yang terkena dampak pandemi terpaksa berganti menjadi sebuah toko sepeda.

    Sistem POS Toko Jakarta Bandung Didukung IndiHome

    Toko Jakarta Bandung, meski menggunakan nama 2 kota besar tersebut, lokasinya ada di Jawa Tengah semua. Pengelolaannya menggunakan sebuah jaringan sistem Point of Sales (POS) yang berpusat di rumah pribadi H. Abbas di bilangan Gayam, Sukoharjo, sekaligus gudang stok barang, yang disebut sebagai HO atau Head Office.

    Point of Sales
    Tampilan sistem POS yang digunakan jaringan Toko JB

    Di HO inilah seluruh proses distribusi dimulai. Barang berupa pakaian jadi dari Supplier masuk ke gudang HO melalui proses Stock Opname maupun Stock Taking, identifikasi Master Barang dengan penamaan dan pembuatan Article Product sesuai Category masing-masing. Juga memasukkan data harga, baik Wholesales, Retail Price, maupun Special Price.

    IndiHome
    Aktivitas operator di Head Office JB

    Produk yang sudah memiliki Article, kemudian dimasukkan ke dalam Stock dan dibuatkan label Barcode. Setelah itu barulah didistribusikan ke toko (Store) untuk dijual ke pemakai. Proses sinkronisasi data antara komputer HO dengan komputer kasir di tiap toko (Store) membutuhkan koneksi internet.

    Printer barcode
    Proses pencetakan label barcode harga.

    Di sinilah peran besar dari IndiHome memberikan kemudahan pengiriman dan penerimaan data dari HO ke Store dan sebaliknya. HO mengirim data ke Store (HO to Store) ketika ada pengiriman barang dari gudang untuk didistribusikan, atau saat ada penyesuaian harga jual sehingga bisa otomatis berubah di komputer kasir.

    Sementara Store juga melakukan pengiriman data ke HO (Store to HO) berupa laporan penjualan setiap hari. Dengan demikian mudah saja analisa dilakukan dari komputer HO. Dari data yang ada akan ditemukan fakta Product apa saja yang Best Seller, Stock apa saja yang habis di toko, dan sebagainya.

    Selain kebutuhan Sending dan Receive Data, keberadaan koneksi internet IndiHome juga diperlukan ketika terjadi Maintenance pada aplikasi POS. Saat ada kendala di Store, maka teknisi bisa membetulkan secara online dengan cara me-remote dari jarak jauh mempergunakan aplikasi TeamViewer.

    Sebelumnya, H. Abbas pernah memanfaatkan modem baik 3G maupun 4G, namun ribet dan koneksi sering terputus karena satu dan lain hal. Akhirnya, urusan konektivitas diserahkan sepenuhnya kepada layanan internet IndiHome hingga sekarang.

    Tingkatkan Keamanan Toko Jakarta Bandung dengan CCTV Maksimalkan Manfaat Internet

    Selain untuk kebutuhan sinkronisasi data antara HO dan Store, manfaat internet yang disediakan oleh IndiHome juga dipakai untuk koneksi CCTV (Closed Circuit Television) Online. Hal ini memungkinkan H. Abbas dan istri, maupun kepala toko untuk memantau kondisi toko melalui smartphone yang terkoneksi dengan CCTV.

    Pemasangan CCTV secara umum memiliki tujuan untuk memantau kondisi dan situasi toko  sebagai langkah pencegahan hal-hal yang tidak diinginkan, terutama tindak kejahatan. Selama ini, CCTV bisa dijadikan bukti atas tindak kejahatan yang terjadi.

    CCTV online
    CCTV toko yang terhubung dengan IndiHome

    Selain untuk keamanan toko, CCTV juga berguna untuk memantau kinerja karyawan karena bisa melihat produktivitas mereka. Kemudian untuk menjaga aset toko agar terkontrol operasionalnya. CCTV juga bisa menjadi arsip kegiatan usaha.

    Dengan demikian, keberadaan IndiHome sangat penting dalam dunia bisnis untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Cara IndiHome memudahkan bisnis dengan internetnya Indonesia sudah dinikmati oleh Toko Jakarta Bandung. Pasti banyak bisnis di luaran sana yang terbantu dengan keberadaan IndiHome. Sukses selalu buat PT Telkom yang senantiasa berinovasi dengan teknologi.

    #InternetnyaIndonesia
    #AktivitasTanpaBatas
    #IndiHomeBlogCompetition2022

    Author

    Wakhid Syamsudin

    Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.coretanbasayev.com)