BLANTERORBITv102

    Cara Distribusi Produk Tepat Sasaran dan Lebih Menguntungkan

    Selasa, 28 Juni 2022

    BICARACARA─Cara Distribusi Produk Tepat Sasaran dan Lebih Menguntungkan. Menekuni dunia bisnis maka tak mungkin lepas dari aktivitas distribusi. Bahkan, distribusi menjadi sangat penting karena menjadi ujung tombak penjualan produk di pasaran. Produk terjual berarti untung di tangan.

    Cara distribusi produk

    Menurut Grififin dan Ebert (2007) bisnis adalah organisasi yang menyediakan barang atau jasa dengan maksud mendapatkan laba. Maka dari itu, agar tercapai tujuan bisnis yakni mendapat laba atau untung, maka aktivitas distribusi adalah hal yang wajib diperhatikan betul.

    Apa Itu Distribusi?

    Bicara cara distribusi produk agar tepat sasaran dan menguntungkan, maka kita harus memahami dulu apa itu distribusi. Setelah tahu definisinya, maka kita bisa belajar cara melakukan distribusi yang tepat.

    Distribusi adalah kegiatan penyaluran barang oleh produsen ke konsumen dalam estimasi waktu yang tepat sehingga memastikan bahwa hasil produksi bisa diakses masyarakat umum sebagai konsumen hingga ke tempat terjauh.

    Cara Distribusi yang Tepat dan Menguntungkan

    Distribusi yang berlangsung dengan baik dan berkesinambungan akan memberikan keuntungan yang terus berlanjut. Suksesnya pendistribusian juga memastikan barang bisa terus diproduksi.

    Barang yang diproduksi pun bisa dievaluasi sekiranya apa yang benar-benar sesuai ekspektasi konsumen dan apa yang musti dibenahi serta ditingkatkan kualitasnya.

    1. Distribusi Secara Langsung

    Cara pertama yang dilakukan untuk distribusi produk adalah penjualan secara langsung oleh produsen yang menghasilkan barang. Dengan cara ini maka kita akan dekat dengan konsumen yang berarti langsung bisa menyerap hal apa saja yang harus dievaluasi dari sisi pemakai barang.

    Konsumen pun akan merasa senang karena pembelian langsung kepada produsen berarti mendapatkan harga terbaik. Langsung dari tangan pertama berbeda halnya dengan membeli dari tangan kedua atau ketiga yang tentunya ada komisi tertentu yang dibebankan.

    2. Mencari Agen Penyalur

    Keberadaan distributor juga cukup penting dan layak dipertimbangkan. Dengan menyerahkan produk ke agen penyalur maka kita bisa fokus dalam proses produksi tanpa terbebani masalah distribusi.

    Distributor inilah yang akan berjibaku mencari konsumen sehingga terjadilah penjualan produk. Karena tugas utamanya mendistribusikan barang, maka distributor biasanya memiliki strategi khusus agar konsumen bisa jadi pelanggan.

    3. Membuka Layanan Reseller

    Reseller bisa kita peroleh dari konsumen yang membeli produk kita dan sudah memanfaatkannya. Kita bisa menawarinya untuk turut mendistribusikan barang dengan harga khusus agar bisa dijual ke orang lain dan mendapatkan keuntungan dari selisih harganya.

    Reseller lebih punya kedekatan dengan calon konsumen baru sehingga mereka mudah menarik minat belanja. Mereka pun akan mempromosikan produk kita sepenuh hati karena dengan cara itu reseller bisa mendapat keuntungan dengan terjualnya produk.

    4. Menerapkan Sistem COD

    Distribusi dengan penerapan sistem COD bisa jadi strategi yang tepat. Tentu saja sistem ini kita berlakukan untuk penjualan secara online. COD singkatan dari cash on delivery atau lebih dikenal dengan istilah bayar di tempat.

    Dalam hal ini, konsumen tak perlu repot melakukan transfer pembayaran produk karena mereka hanya perlu menunggu kurir mengantarkan barang. Dana pembelian dibayarkan kepada kurir yang mengantarkannya.

    Saat ini hampir semua penyedia layanan ekspedisi memiliki sistem COD sehingga bisa mudah kita gunakan jasanya. Bahkan kita tak perlu repot mengantar paket kita ke kantor ekspedisi. Pihak ekspedisi akan mengambil langsung ke tempat kita atau biasa disebut pick up.

    5. Memanfaatkan Website

    Untuk mendukung kelancaran distribusi, kita bisa menggunakan website. Di sana kita bisa mengunggah foto produk dan rincian penjelasan terkait barang yang kita produksi.

    Calon konsumen bisa mempelajari tentang produk kita sehingga akan tertarik membeli. Selain sebagai katalog produk, website juga bisa dilengkapi dengan layanan ceck out produk, bisa membeli langsung di situ.

    Cara-cara tersebut bisa kita padukan saling melengkapi satu sama lain sehingga terjadilah kegiatan distribusi yang tepat sasaran dan tentunya lebih menguntungkan. Semakin tinggi penjualan produk maka semakin banyak keuntungan yang didapatkan.

    Demikianlah cara distribusi barang yang bisa diterapkan agar sukses dalam bisnis. Dengan mengetahui apa itu distribusi sekaligus cara dan strategi distribusi yang benar maka kita bisa maksimalkan penjualan produk. Semoga bermanfaat.


    Author

    Wakhid Syamsudin

    Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.coretanbasayev.com)