BLANTERORBITv102

    Cara Jualan Pulsa Online Bagi Pemula, Mudah dan Pasti Untung

    Senin, 07 Februari 2022

    BICARACARA─Cara Jualan Pulsa Online Bagi Pemula, Mudah dan Pasti Untung. Pulsa dan kuota adalah kebutuhan manusia zaman sekarang. Kita bisa ambil peluang bisnis dengan menjualnya. Kali ini kita bicarakan cara jualan pulsa online bagi pemula, mudah dan pasti untung. Dengan modal terbatas kita bisa mendapat untung tak terbatas.

    Cara Jualan Pulsa Online

    Cara jualan pulsa HP bagi pemula tak harus memiliki tempat khusus apalagi menyewa kios. Tidak perlu tempat menaruh barang karena pulsa adalah produk online. Kecuali jika kita mau jualan voucher fisik sekalian, barulah membutuhkan tempat.

    Kita bisa jualan di rumah memanfaatkan HP yang sudah ada. Bisa dimulai dengan modal sedikit, misal Rp50 ribu atau Rp100 ribu. Akan lebih baik jika disiapkan dana lebih tentunya.

    Cara Jualan Pulsa Online dengan Memilih Server Pulsa Terpercaya

    Langkah pertama, tentukan mau gabung ke agen server pulsa mana. Intinya kita cari yang benar-benar terpercaya, jangan sampai salah pilih agen server pulsa. Langkah awal ini sangat penting agar cara jualan pulsa sendiri bisa sukses.

    Pilih Server Pulsa di Kota Anda

    Pilihan pertama adalah mencari agen pulsa di kota tempat tinggal kita. Di sana kita bisa langsung bertanya cara jualan pulsa HP bagi pemula. Bagaimana tata cara transaksinya. Dan tentunya lebih mudah isi depositnya.

    Server Pulsa Online Terpercaya

    Pilihan yang tak kalah bagus adalah mencari agen pulsa terpercaya di internet. Saking banyaknya server pulsa online yang bisa kita ikuti, maka kita bisa memilih suka-suka. Memilihnya pun tak boleh asal-asalan, bisa-bisa kita kena tipu server pulsa abal-abal.

    Coba googling dengan kata kunci agen pulsa terbaik, agen pulsa terpercaya, agen pulsa all operator, dan sebagainya. Pasti akan muncul server pulsa banyak sekali. Agar tak salah pilih, berikut ini tipsnya:

    • Pilih agen pulsa yang webnya berdomain TLD, bukan gratisan. Kalau masih menggunakan domain gratisan seperti berakhiran blogspot.com, wordpress.com, sebaiknya jangan dipilih.
    • Cek dulu harganya, banding-bandingkan beberapa server, pilih yang termurah tapi harganya masuk akal.
    • Hati-hati penipuan dengan iming-iming harga jauh di bawah harga umum.
    • Pilih yang layanannya lengkap, baik pulsa, paket data/kuota, top up dompet digital, dan sebagainya.
    • Pilih server pulsa yang bisa transaksi menggunakan banyak cara selain SMS, yakni lewat aplikasi khusus, lewat Whatsapp, dan juga lewat Telegram.
    • Pilih yang pendaftarannya otomatis. Biasanya ada format khusus dan dikirim langsung ke nomor center. Jika dalam hitungan detik pendaftaran sukses, berarti itu server pulsa yang layak dipilih.
    • Pilih server pulsa yang melayani deposit sistem ticketing transfer bank. Kita request tiket dengan nominal yang diinginkan, lalu akan ada nominal transfer dengan akhiran angka unik. Biasanya deposit akan masuk hitungan detik atau maksimal semenit setelah kita transfer.
    • Cobalah isi deposit dengan nominal terendah dulu untuk percobaan. Coba untuk transaksi seperti cek saldo dan cek harga produk. Jika lancar maka layak dijadikan pilihan.

    Saat ini marak iklan di media sosial adanya server pulsa dengan harga gila di bawah harga normal. Hati-hati jebakan penipuan seperti itu. Mereka akan menghilang setelah kita transfer untuk deposit.

    Menggunakan 2 Server Pulsa Terpercaya

    Gunakan paling tidak 2 server pulsa. Ketika server satunya ada kekosongan stok tertentu kita bisa pakai server satunya. Atau ketika yang satu maintenance atau gangguan sistem, kita punya server cadangan.

    Batasi Deposit di Server Pulsa

    Meski misalnya kita punya modal banyak, jangan terbiasa menyetok saldo deposit dalam jumlah besar. Isi saldo secukupnya saja, misal maksimal Rp500 ribu saja.

    Kita tidak tahu di balik layar server pulsa yang kita gabung di sana. Ternyata banyak terjadi kasus agen pulsa kolaps dan bangkrut karena salah manajemen. Jangan sampai kita jadi korban saat ada kejadian seperti itu. Antisipasinya: jangan menyetok saldo banyak-banyak. Secukupnya saja.

    Manfaatkan Mobile Banking untuk Deposit Pulsa

    Stok saldo deposit di agen pulsa perlu kita batasi. Imbangi dengan memanfaatkan layanan mobile banking. Uang modal masukkan ke rekening bank saja. Setiap kali saldo pulsa menipis kita bisa isi deposit memanfaatkan mobile banking. Ini sangat efektif dan lebih aman.

    Cara Jualan Pulsa Online Tidak Melayani Bon

    Cara jualan pulsa HP bagi pemula yang penting untuk diperhatikan adalah jangan melayani utang atau bon. Ini menjadi penting jika kita ingin usaha kita berjalan lancar dan tidak berhenti di tengah jalan.

    Tidak melayani bon

    Ketika jualan pulsa melayani bon, maka mau menggunakan modal sebanyak apapun, tetap saja kita akan kekurangan. Akan tersiksa masa-masa di mana saldo menipis tapi tak ada uang tunai yang bisa dibelanjakan lantaran banyak dibon pelanggan.

    Hati-hati dengan Pelanggan Terbiasa Utang

    Orang yang gemar berutang karena memang kebiasaannya sehari-hari, biasanya akan menjadi masalah bagi kita. Mereka enggan bayar utang dan kebanyakan mudah berpindah ke penjual lain.

    Kita harus antisipasi dengan kebiasaan buruk pelanggan seperti ini. Jangan mudah terperdaya. Ingat, jualan pulsa itu untungnya pertransaksi hanya sedikit. Betapa malangnya jika dibon orang tak bertanggung jawab.

    Jika Terpaksa Melayani Bon

    Jika sudah berusaha tidak melayani bon tapi tetap ada yang berutang, maka perhatikan hal-hal berikut ini:

    Pastikan Pelanggan Beres

    Bolehlah memberi bon pada pelanggan yang memang benar beres orangnya.

    Batasi Nominal Utang

    Jangan boleh menumpuk bon. Beri batasan jumlah utangnya. Sebelum membayar tak bisa ngebon lagi.

    Siapkan Dana Khusus Talangan Bon Pelanggan

    Untuk pelanggan terpercaya yang membayar seminggu sekali atau sebulan sekali, siapkan dana khusus untuk menalangi dulu utang mereka. Ini penting agar tak mengganggu stok saldo pulsa kita. Catat dana talangan dalam buku khusus.

    Harus Sampai Hati Menagih Bon

    Jika terpaksa memberi bon, kita harus sampai hati menagihnya. Jangan ada kata sungkan dalam urusan menagih utang. Kalau enggan menagih, maka jangan melayani bon.

    Bisnis Pelengkap Jualan Pulsa

    Beberapa layanan ini bisa jadi pelengkap dalam berjualan pulsa. Jangka panjangnya bisa diarahkan ke layanan berikut ini.

    • Jualan Kuota Internet
    • Top up Dompet Digital
    • Top up Game Online
    • Pembayaran Tagihan Listrik dan Token Prabayar
    • Pembayaran Tagihan Lainnya
    • Jasa Transfer Bank

    Jasa layanan tersebut sebagian sudah tersedia produknya di server pulsa yang kita pilih. Menambah layanan berarti menambah persiapan deposit kita. Jangan sampai bisa melayani ini-itu tapi saldo tak mencukupi.

    Khusus untuk pelayanan PPOB (payment point online bank) seperti tagihan listrik, telkom, PDAM, BPJS, dan lainnya, maka kita perlu menambah modal untuk mencetak struknya. Bisa dengan printer bluetooth yang terhubung dengan android kita atau dengan modal laptop atau komputer beserta printernya. Tanpa itu kepercayaan pelanggan akan kurang.

    Demikian kurang lebihnya cara jualan pulsa online bagi pemula, mudah dan pasti untung. Kita butuh konsistensi dalam menjalaninya. Kita butuh kegigihan agar tak mudah patah semangat. Dengannya kita sambut kesuksesan di masa depan. Semoga bermanfaat.


    Author

    Wakhid Syamsudin

    Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.coretanbasayev.com)

    1. Inget banget zaman kuliah, saya jualan pulsa, dan tahulah, anak kuliah gimana? Suka nge-bon dulu. Haha ... padahalkan kalau mereka nggak bayar, trus saya beli saldonya dari mana? Alhasil, pada lancar jaya deh bayarnya, karena males ke counter buat beli pulsa😂

      BalasHapus
      Balasan
      1. Harus ada sikap tegas dari awal terkait bon mengebon.

        Hapus
    2. Say no to 'bon' deh ya. Betul. Harus tegas. Berani bilang tidak itu penting. Ini salah satu cara agar usaha atau bisnis kita bisa berjalan lancar. Ya nggak? ^^

      BalasHapus
      Balasan
      1. Betul kali Mbak. Hehe. Lagi pula kalau ngebon jadi kebiasaan maka selamanya akan merepotkan.

        Hapus