BLANTERORBITv102

    Cara Cerdas Menangkap Peluang Bisnis dengan Social Media Listening Tools dari Matamaya

    Sabtu, 29 Oktober 2022

    BICARACARA─Pengguna internet terus bertambah dari tahun ke tahun. Mereka adalah pengguna berbagai platform media sosial yang aktif. Dan mereka juga adalah pangsa pasar bagi apapun bisnis yang kita jalankan. Kebutuhan para pengguna internet biasa dipenuhi juga dengan pembelian melalui transaksi daring.

    Perubahan perilaku masyarakat dengan kemajuan teknologi digital adalah keniscayaan. Bagi kita yang menjalankan bisnis, maka harus bisa mengambil segala peluang untuk menarik konsumen, tak ketinggalan juga mereka para pengguna internet yang lebih banyak berinteraksi dengan dunia maya.

    Social Media Listening Tools

    Bicara cara cerdas menangkap peluang bisnis di era digital ini, maka kita mestinya bisa memahami apa yang memang sedang hangat dibicarakan oleh mereka. Istilahnya adalah social media listening.

    Apa Itu Social Media Listening?

    Istilah ini berangkat dari kata listening yang artinya mendengarkan. Sederhana saja, social media listening adalah bagaimana kita mendengarkan pendapat audiens mengenai suatu bisnis atau brand tertentu melalui media sosial.

    Dengan social media listening itulah para pelaku usaha akan mampu mengakses percakapan digital di seluruh platform sosial media. Memahami apa yang mereka perbincangkan, sehingga pada akhirnya membantu kita dalam mengambil tindakan.

    Sama seperti mendengarkan dalam kehidupan nyata, maka kita bisa mengidentifikasi dan menganalisis bagian mana yang sekiranya bermakna pada sebuah percakapan. Tindakan yang kita lakukan berdasar pada analisa percakapan mereka, maka akan lebih tepat sasaran dalam membidik pasar.

    Social Media Listening Tools dari Matamaya

    Perkembangan teknologi kian canggih, maka muncullah berbagai software atau tools untuk membantu memudahkan tindakan apa saja. Termasuk dalam dunia bisnis dengan digital marketing. Tools untuk menganalisa pasar melalui media sosial menjadi kebutuhan yang tak boleh dianggap remeh.

    Matamaya adalah tool yang membantu penggunanya mengukur performa campaign di media sosial secara akurat, memperoleh insight, dan menerjemahkannya ke dalam grafik yang mudah dibaca. Matamaya siap membantu membuat laporan dan mengembangkannya menjadi strategi digital.

    Social media listening tools dari Matamaya membantu pelaku bisnis untuk mengkaji topik yang sedang hangat dibicarakan audiens, sehingga bisa melacak tren. Data yang disajikan bersifat real, bukan sebatas asumsi saja. Nah, langkah ini memudahkan penentuan strategi pemasaran agar bisa masuk ke audiens.

    Penggunaan social media listening tools ini memungkinkan kita melihat perkembangan merk atau brand secara nyata. Seberapa besar respon audiens terhadap merk atau brand kita. Jika sentimen positif meningkat setelah launching produk baru, berarti merk kita makin berkembang dan dikenal pasar.

    Social media listening tools dari Matamaya membantu membangun hubungan lebih erat dengan audies sebagai konsumen. Interaksi yang dibangun ini menjadi penentu dalam meningkatkan branding dan loyalitas konsumen.

    Matamaya menggunakan AI pada platform-nya sehingga memungkinkan menganalisis ribuan postingan, komentar, hingga obrolan sosial lainnya. Yuk, tangkap segala peluang digital bersama Matamaya.


    Author

    Wakhid Syamsudin

    Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)